Kamis, 24 Desember 2015

RPP Sejarah Integrasi PLH Kelas X



PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK

DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 1 GRESIK

                                   Jl. Arief Rahman Hakim 1 Gresik, Jawa Timur 61111 Telp.(031) 3981887       Fax (031) 3972066
    Website : www.smansagres.info E-mail : sma_1_gresik@yahoo.com
 


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :         SMAN 1 Gresik
Kelas/Sem/Prog     :         X /1/Ilmu-ilmu sosial
Mata Pelajaran       :         Sejarah
Materi Pokok         :         Sumber, bukti, dan fakta sejarah
Alokasi Waktu       :         3 x 45 Menit

A.       Kompetensi Inti 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1.Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan rasa bersyukur
1.1  Menghayati proses terbentuknya lingkungan alam Indonesia dengan rasa bersyukur
1.1.1        Mendoakan para pahlawan yang telah mendahului kita
1.1.1   Taqarrub mengucapkan subhanallah dalam menghayati semua ayat Allah SWT yang tercipta berupa alam semesta
1.2  Menghayati keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
1.2 Menghayati keteladanan para pemimpin dalam menjaga kelestarian lingkungannya.
1.2.1    Belajar dengan rajin dan tekun untuk memperoleh bekal melanjutkan perjuangan para pemimpin
1.2.1     Belajar dari para pemimpin untuk memperoleh bekal tentang cara menjaga kelestarian lingkungan
2.1    Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam
2.1 Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli terhadap hasil budaya arsitektur yang memenuhi standar sanitasi dan higine zaman praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
2.1.1    Menjaga dan memelihara hasil peninggalan manusia pada zaman praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam sebagai sumber belajar
2.1.1    Tidak melakukan aksi corat coret (vandalism) ketika berkunjung ke tempat- tempat bersejarah
2.2    Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsive dan pro-aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan lingkungannya
2.2 Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah bencana alam
2.2.1    Menciptakan toleransi di dalam dan di luar sekolah
2.2.1    Melakukan penanaman di lingkunan sekitar serta membiasakan membuang sampah pada tempat yang tersedia

2.3    Berlaku jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
2.3 Berlaku jujur dan tanggungjawab atas sampahnya sendiri setelah mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
2.3.1    Mengerjakan tugas serta ulangan tanpa menyontek dan mengumpulkan tepat pada waktunya
2.3.1    Membersihkan sekitar meja dan kursi dari segala kotoran sebagai dampak dari mengerjakan tugas-tugas pembelajaran sejarah
3.6.    Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
3.6  Menganalisis berbagai bentuk/jenis sumber sejarah yang berasal dari alam maupun buatan

3.6.1    Menjelaskan pengertian sumber sejarah
3.6.2  Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah yang berasal dari alam
3.6.3    Memberi contoh sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
3.6.4    Menjelaskan pengertian fakta
3.6.5    Mengidentifikasi dengan memberi contoh fakta-fakta sejarah
4.6     Menyajikan hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
4.6     Menyajikan hasil analisis dampak lingkungan terhadap jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.

4.6.1  Membuat matrik/diagram tentang sumber-sumber  sejarah (berbentuk power point)
4.6.2  Sumber sejarah yang berasal dari alam banyak mengalami kerusakan. Apakah hal tersebut disebabkan oleh alam ataukah manusia. Buat analisis sepanjang 350 kata !


C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:
1.      Menjelaskan pengertian sumber sejarah
2.      Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah
3.      Memberi contoh sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
4.      Menjelaskan pengertian fakta
5.      Mengidentifikasi dan memberi contoh fakta-fakta sejarah
6.      Membuat matrik / diagram power point tentang sumber-sumber sejarah
7.      Membuat matrik / diagaram ihwal fakta-fakta sejarah
8.      Mendoakan para pahlawan yang telah mendahului kita
9.      Belajar dengan rajin dan tekun untuk memperoleh bekal melanjutkan perjuangan para pemimpin
10.  Menjaga dan memelihara hasil peninggalan manusia pada zaman praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam sebagai sumber belajar
11.  Menciptakan toleransi di dalam dan di luar sekolah

D.      Materi Ajar
Sumber sejarah adalah sesuatu yang berwujud dan atau tidak berwujud yang berguna bagi penelitian sejarah sejak jaman praaksara hingga sekarang Ada tiga jenis sumber sejarah Sumber tertulis, yaitu sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis, atau catatan peristiwa masa lampau Sumber lisan, yaitu sumber sejarah berupa keterangan langsung dari pelaku sejarah atau saksi mata peristiwa sejarah Sumber benda, yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan-peninggalan benda-benda hasil kebudayaan
Contoh sumber sejarah tertulis adalah prasasti, kronik, pustaka kuno, arsip, dokumen. Contoh sumber lisan adalah penuturn dari pelaku dan saksi mata peristiwa sejarah. Termasuk rekaman. Contoh sumber benda adalah kapak, gerabah, perhiasan, candi, manik manik, patung dan sebagainya
Fakta adalah hasil dari data yang terpilih. Fakta terdiri dari fata yang berbentuk dan benda dan fakta yang berdimensi sosial Fakta sejarah terdiri dari : a) Artifak, yaitu semua benda baik sebagian maupun keseluruhan hasil garapan tangan manusia b) Fakta sosial (sosiofact), yaitu fakta sejarah yang berdimensi sosial. Artinya kondisi yang mampu menggambarkan tentang keadaan sosial c) Fakta mental (mentifact), yaitu fakta sejarah yang bersifat abstark menggambarkan suasana batin seseorang

E.       Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan          : Saintific
Model                   : Problem base learning
Metode                 : diskusi, tanyaj jawab, dan penugasan

F.       Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
a.       Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberi salam.
b.      Mempersiapkan kelas agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan)
c.       Memantau kehadiran  dengan mengabsen peserta didik
d.      Memotivasi peserta didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran 
e.       Menginformasikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.       Menyampaikan cakupan materi secara garis besar.
g.      Membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
10 menit
Inti
MENGAMATI
Setiap kelompok mengamati tayangan LCD terkait dengan sumber, bukti, dan fakta sejarah
Setiap kelompok melakukan pengamatan dengan membaca buku teks terkait materi sumber, bukti, dan fakta sejarah

Setiap kelompok mendiskusikan permasalahan sebagai berikut :
-          Perbedaan sumber sejarah dengan fakta sejarah
-          Contoh sumber-sumber sejarah dalam bentuk visual dan audio visual
-          Contoh fakta sejarah dalam bentuk audio visual

MENANYA
Peserta didik bertanya kepada peserta didik lain dalam satu kelompok untuk mendapatkan klarifikasi terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Peserta didik bertanya kepada peserta didik lain di luar kelompoknya untuk mendapatkan klarifikasi terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Setiap perwakilan kelompok bertanya kepada guru untuk mendapatkan klarifikasi terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah.
MENGEKSPLORASI
Setiap kelompok mengumpulkan informasi terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah melalui buku teks serta  website
MENGASOSIASI
Setiap kelompok melakukan analisa terhadap data dan informasi, buku teks, maupun website terkait dengan sumber, bukti, dan fakta sejarah
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap kelompok membuat laporan berupa diagram / skema tetang sumber, bukti, dan fakta sejarah
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
105 menit
Penutup
1)      Setiap kelompok mengumpulkan laporan hasil diskusi
2)      Setiap kelompok mencatat hasil evaluasi guru terkait diskusi dan presentasi yang baru saja dilakukan
3)      Peserta didik mencatat tugas guru pada pertemuan berikutnya
4)      Peserta didik menjawab salam
10 menit

G.      Penilaian Hasil Belajar
1.      TES
Teknik     :

a) Tes programme. Penilaian dilaksanakan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung, termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru. Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama.
 b)   Post test . Penilaian dilakukan secara tertulis 5 menit menjelang pelajaran usai. Pertanyaan dilakukan secara sampling.

Bentuk Tes

A.    Tes Tertulis
1.      Apa yang Anda ketahui tentang sumber sejarah ? Jelaskan !
2.      Sebut dan jelaskan jenis sumber sejarah yang berasal dari alam Anda ketahui !
3.      Berikan contoh sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
4.      Apa yang Anda ketahui tentang fakta ? Jelaskan !
5.      Sebut dan jelaskan fakta-fakta sejarah !



Kunci Jawaban
1.      Sumber sejarah adalah sesuatu yang berwujud dan atau tidak berwujud yang berguna bagi penelitian sejarah sejak jaman praaksara hingga sekarang
2.      Ada tiga jenis sumber sejarah yang berasal dari alam
a.       Sumber tertulis, yaitu sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan tertulis, atau catatan peristiwa masa lampau
b.      Sumber benda, yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan-peninggalan benda-benda hasil kebudayaan
3.      Contoh sumber sejarah tertulis adalah prasasti, kronik, pustaka kuno, arsip, dokumen. Contoh sumber lisan adalah penuturn dari pelaku dan saksi mata peristiwa sejarah. Termasuk rekaman. Contoh sumber benda adalah kapak, gerabah, perhiasan, candi, manik manik, patung dan sebagainya
4.      Fakta adalah hasil dari data yang terpilih. Fakta terdiri dari fata yang berbentuk dan benda dan fakta yang berdimensi sosial
5.      Fakta sejarah terdiri dari :
a.       Artifak, yaitu semua benda baik sebagian maupun keseluruhan hasil garapan tangan manusia
b.      Fakta sosial (sosiofact), yaitu fakta sejarah yang berdimensi sosial. Artinya kondisi yang mampu menggambarkan tentang keadaan sosial
c.       Fakta mental (mentifact), yaitu fakta sejarah yang bersifat abstark menggambarkan suasana batin seseorang

PEDOMAN PENILAIAN TES TULIS

Nomor Soal
1
2
3
4
5
Jml.Skor
% Ketercapaian
Ketuntasan
Skor
7
15
10
8
10
Bobot
14
30
20
16
20




2.      NON TES : PENUGASAN / DISKUSI
A.     Diskusikan bersama kelompok Anda masalah-masalah di bawah ini !
B.    Catatlah hasil diskusi Anda kemudian presentasikan di depan kelas !
C.    Hasil diskusi yang dipresentasikan dibuat dalam format Microsoft Power Point.
D.    Masalah-maslah yang didiskusikan meliputi :
-         Jenis-jenis sumber sejarah yang Anda ketahui !
-         Jenis-jenis fakta sejarah
-         Sumber sejarah yang berasal dari alam banyak mengalami kerusakan. Apakah hal tersebut disebabkan oleh alam ataukah manusia. Buat analisis sepanjang 350 kata!


PEDOMAN PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK

NO
ASPEK PENILAIAN
SKOR
BOBOT
1
Keaktifan dalam dalam kelompok
5
10
2
Ketrampilan mempresentasikan
15
30
3
Kerjasama sesama kelompok
10
10
4
Hasil karya (PPT)
10
20
5
Etika dalam mempresentasikan dan menjawab pertanyaan
10
30
SKOR/BOBOT AKHIR
50
100

FORMAT PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK

No.

Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Ʃ Skor

bobot

NIlai.
Keaktifan dalam kelompok
Ketrampilan mempresentasikan
Kerjasama sesama kelompok
Hasil karya (PPT)
Etika mempresentasikan/menjawab pertanyaan
1.









2.









3.





















Keterangan Nilai
       A  = 85 – 100       : Baik sekali
       B  = 75 – 84         : Baik
       C  = 60 – 74         : Cukup
       D  = < 60              : Kurang

       KRITERIA PENILAIAN SIKAP RELIGIUS 

NO
PERNYATAAN
ASPEK PENILAIAN
SKOR
SS
S
R
TS
STS
1
Mengheningkan cipta mengenang para pahlawan yang telah mendahului kita






2
Mendoakan para tokoh sejarah yang telah gugur mendahului kita






3
Bersyukur karena Tuhan telah menciptakan bumi dan seisinya dan dapat dijadikan sumber sejarah






4
Melakukan lawatan sejarah ke makam tokoh sejarah seraya mendoakannya







SKOR MAKSIMAL










       KETERANGAN
-          Skor maksimal 20
-          Skor didapat 17-20 = A (sangat baik)
-          Skor didapat 13-16 = B (Baik)
-          Skor didapat   9-12 = C (cukup)
-          Skor didapat   5 - 8 = D (kurang)
-          Skor didapat   0 - 4 = E (kurang)
H.      Sumber Belajar :
Alat/Bahan/Sumber Belajar
            a. Alat                      :  LCD
            b.  Sumber       :
1)         Ratna Hapsari dan M. Adil, 2013, Sejarah Indonesia Untuk SMA/MA Kelas
                 X, Jakarta; Erlangga.
2)         Habib Mustopo dkk, 2006, Sejarah SMA Kelas X, Jakarta ; Yudistira.
3)         I Wayan Badrika, 2004, Sejarah Nasional Indonesia dan Umum SMA Untuk
                 Kelas X, Jakarta ; Erlangga.
4)         Sodiq Mustofa dkk, 2004, Kompetensi Dasar Sejarah Untuk Kleas 1 SMA
                 dan  MA, Solo; Tiga Serangkai.






Mengetahui,                                                              Gresik, 3 November 2015
Kepala Sekolah                                                         Guru Mata Pelajaran                                                                                                                          

                       
                                                                                               
Drs. SUSWANTO, M.M.                                                      PRIYANDONO, S.Pd.
NIP.196501011989031024                                                   NIP.196910162005011008




Tidak ada komentar:

Posting Komentar