PEMERINTAH KABUPATEN GRESIK
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 1 GRESIK
Jl. Arief Rahman Hakim 1 Gresik,
Jawa Timur 61111 Telp.(031) 3981887
Fax (031) 3972066
![](file:///C:\Users\PRIHAN~1\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.gif)
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Gresik
Kelas/Sem/Prog :
X /1/Ilmu-ilmu sosial
Mata Pelajaran :
Sejarah
Materi Pokok : Sumber,
bukti, dan fakta sejarah
Alokasi Waktu :
3 x 45 Menit
A. Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1.1.Menghayati proses kelahiran manusia Indonesia dengan
rasa bersyukur
1.1
Menghayati
proses terbentuknya lingkungan alam Indonesia dengan rasa bersyukur
|
1.1.1
Mendoakan
para pahlawan yang telah mendahului kita
1.1.1 Taqarrub
mengucapkan subhanallah dalam menghayati semua ayat Allah SWT yang tercipta
berupa alam semesta
|
1.2
Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
1.2
Menghayati keteladanan para pemimpin dalam menjaga kelestarian lingkungannya.
|
1.2.1
Belajar dengan rajin dan tekun untuk memperoleh bekal melanjutkan
perjuangan para pemimpin
1.2.1
Belajar dari para pemimpin untuk memperoleh bekal tentang cara menjaga
kelestarian lingkungan
|
2.1
Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya
pada zaman praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam
2.1 Menunjukkan sikap tanggungjawab, peduli terhadap hasil
budaya arsitektur yang memenuhi standar sanitasi dan higine zaman praaksara,
Hindu-Buddha dan Islam
|
2.1.1
Menjaga dan memelihara hasil peninggalan manusia pada zaman praaksara,
Hindu-Buddha, dan Islam sebagai sumber belajar
2.1.1 Tidak
melakukan aksi corat coret (vandalism) ketika berkunjung ke tempat- tempat
bersejarah
|
2.2
Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsive dan pro-aktif
yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah sosial dan
lingkungannya
2.2 Meneladani sikap dan tindakan cinta damai, responsif dan pro
aktif yang ditunjukkan oleh tokoh sejarah dalam mengatasi masalah bencana alam
|
2.2.1
Menciptakan toleransi di dalam dan di luar sekolah
2.2.1
Melakukan penanaman di lingkunan sekitar serta membiasakan membuang
sampah pada tempat yang tersedia
|
2.3 Berlaku
jujur dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran
sejarah
2.3 Berlaku jujur dan tanggungjawab atas
sampahnya sendiri setelah mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah
|
2.3.1
Mengerjakan tugas serta ulangan tanpa menyontek dan mengumpulkan tepat
pada waktunya
2.3.1 Membersihkan
sekitar meja dan kursi dari segala kotoran sebagai dampak dari mengerjakan
tugas-tugas pembelajaran sejarah
|
3.6. Menganalisis
berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah
3.6 Menganalisis
berbagai bentuk/jenis sumber sejarah yang berasal dari alam maupun buatan
|
3.6.1 Menjelaskan
pengertian sumber sejarah
3.6.2
Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah yang berasal dari alam
3.6.3
Memberi contoh sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
3.6.4
Menjelaskan pengertian fakta
3.6.5
Mengidentifikasi dengan memberi contoh fakta-fakta sejarah
|
4.6 Menyajikan
hasil analisis jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian
sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
4.6
Menyajikan hasil
analisis dampak lingkungan terhadap jenis sumber, peran sumber dan keterkaitannya dengan kejadian
sejarah, dalam berbagai bentuk presentasi.
|
4.6.1 Membuat
matrik/diagram tentang sumber-sumber
sejarah (berbentuk power point)
4.6.2
Sumber sejarah yang berasal dari alam banyak mengalami kerusakan.
Apakah hal tersebut disebabkan oleh alam ataukah manusia. Buat analisis sepanjang
350 kata !
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran ini peserta didik diharapkan mampu:
1.
Menjelaskan
pengertian sumber sejarah
2.
Mengidentifikasi sumber-sumber sejarah
3.
Memberi contoh
sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
4.
Menjelaskan
pengertian fakta
5.
Mengidentifikasi
dan memberi contoh fakta-fakta sejarah
6.
Membuat matrik /
diagram power point tentang sumber-sumber sejarah
7.
Membuat matrik /
diagaram ihwal fakta-fakta sejarah
8.
Mendoakan para
pahlawan yang telah mendahului kita
9.
Belajar dengan
rajin dan tekun untuk memperoleh bekal melanjutkan perjuangan para pemimpin
10. Menjaga dan memelihara hasil peninggalan manusia pada
zaman praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam sebagai sumber belajar
11. Menciptakan toleransi di dalam dan di luar sekolah
D. Materi Ajar
Sumber
sejarah adalah sesuatu yang berwujud dan atau tidak berwujud yang berguna bagi
penelitian sejarah sejak jaman praaksara hingga sekarang Ada tiga jenis sumber
sejarah Sumber tertulis, yaitu sumber sejarah yang diperoleh melalui peninggalan-peninggalan
tertulis, atau catatan peristiwa masa lampau Sumber lisan, yaitu sumber sejarah
berupa keterangan langsung dari pelaku sejarah atau saksi mata peristiwa
sejarah Sumber benda, yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari peninggalan-peninggalan
benda-benda hasil kebudayaan
Contoh
sumber sejarah tertulis adalah prasasti, kronik, pustaka kuno, arsip, dokumen.
Contoh sumber lisan adalah penuturn dari pelaku dan saksi mata peristiwa
sejarah. Termasuk rekaman. Contoh sumber benda adalah kapak, gerabah,
perhiasan, candi, manik manik, patung dan sebagainya
Fakta adalah hasil dari data
yang terpilih. Fakta terdiri dari fata yang berbentuk dan benda dan fakta yang
berdimensi sosial Fakta sejarah terdiri dari : a) Artifak, yaitu semua benda
baik sebagian maupun keseluruhan hasil garapan tangan manusia b) Fakta sosial
(sosiofact), yaitu fakta sejarah yang berdimensi sosial. Artinya kondisi yang
mampu menggambarkan tentang keadaan sosial c) Fakta mental (mentifact), yaitu
fakta sejarah yang bersifat abstark menggambarkan suasana batin seseorang
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : Saintific
Model : Problem base learning
Metode : diskusi, tanyaj
jawab, dan penugasan
F. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Mengawali pembelajaran dengan berdoa dan memberi salam.
b.
Mempersiapkan kelas
agar lebih kondusif untuk memulai proses KBM (kerapian, kebersihan ruang
kelas, menyediakan media dan alat serta buku yang diperlukan)
c.
Memantau
kehadiran dengan mengabsen peserta
didik
d.
Memotivasi peserta
didik untuk lebih fokus dan semangat dalam mengikuti pembelajaran
e.
Menginformasikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
f.
Menyampaikan cakupan
materi secara garis besar.
g.
Membagi
peserta didik menjadi beberapa kelompok
|
10 menit
|
Inti
|
MENGAMATI
Setiap
kelompok mengamati tayangan LCD terkait dengan sumber, bukti, dan fakta
sejarah
Setiap
kelompok melakukan pengamatan dengan membaca buku teks terkait materi sumber,
bukti, dan fakta sejarah
Setiap
kelompok mendiskusikan permasalahan sebagai berikut :
-
Perbedaan
sumber sejarah dengan fakta sejarah
-
Contoh
sumber-sumber sejarah dalam bentuk visual dan audio visual
-
Contoh
fakta sejarah dalam bentuk audio visual
MENANYA
Peserta didik bertanya
kepada peserta didik lain dalam satu kelompok untuk mendapatkan klarifikasi
terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Peserta didik bertanya
kepada peserta didik lain di luar kelompoknya untuk mendapatkan klarifikasi
terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah.
Setiap perwakilan kelompok
bertanya kepada guru untuk mendapatkan klarifikasi terkait masalah sumber,
bukti, dan fakta sejarah.
MENGEKSPLORASI
Setiap kelompok
mengumpulkan informasi terkait masalah sumber, bukti, dan fakta sejarah
melalui buku teks serta website
MENGASOSIASI
Setiap kelompok melakukan
analisa terhadap data dan informasi, buku teks, maupun website terkait dengan
sumber, bukti, dan fakta sejarah
MENGOMUNIKASIKAN
Setiap kelompok membuat
laporan berupa diagram / skema tetang sumber, bukti, dan fakta sejarah
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas
|
105 menit
|
Penutup
|
1)
Setiap
kelompok mengumpulkan laporan hasil diskusi
2)
Setiap
kelompok mencatat hasil evaluasi guru terkait diskusi dan presentasi yang
baru saja dilakukan
3)
Peserta
didik mencatat tugas guru pada pertemuan berikutnya
4)
Peserta
didik menjawab salam
|
10 menit
|
G. Penilaian Hasil Belajar
1.
TES
Teknik :
a) Tes
programme. Penilaian dilaksanakan selama proses dan setelah pembelajaran berlangsung,
termasuk pada saat peserta didik menjawab beberapa pertanyaan dari guru.
Penilaian dapat dilakukan dengan observasi. Dalam observasi ini misalnya
dilihat aktivitas dan tingkat perhatian peserta didik pada saat pembelajaran
berlangsung, kemampuan menyampaikan pendapat, juga aspek kerja sama.
b) Post
test . Penilaian dilakukan secara tertulis 5 menit menjelang pelajaran usai.
Pertanyaan dilakukan secara sampling.
Bentuk Tes
A. Tes Tertulis
1.
Apa yang Anda
ketahui tentang sumber sejarah ? Jelaskan !
2. Sebut dan jelaskan jenis sumber sejarah
yang berasal dari alam Anda ketahui !
3.
Berikan contoh
sumber sejarah tertulis, lisan, dan benda
4.
Apa yang Anda
ketahui tentang fakta ? Jelaskan !
5.
Sebut dan
jelaskan fakta-fakta sejarah !
Kunci
Jawaban
1. Sumber sejarah adalah sesuatu yang berwujud dan atau
tidak berwujud yang berguna bagi penelitian sejarah sejak jaman praaksara
hingga sekarang
2. Ada tiga jenis sumber sejarah yang berasal dari alam
a. Sumber tertulis, yaitu sumber sejarah yang diperoleh
melalui peninggalan-peninggalan tertulis, atau catatan peristiwa masa lampau
b. Sumber benda, yaitu sumber sejarah yang diperoleh dari
peninggalan-peninggalan benda-benda hasil kebudayaan
3.
Contoh sumber
sejarah tertulis adalah prasasti, kronik, pustaka kuno, arsip, dokumen. Contoh
sumber lisan adalah penuturn dari pelaku dan saksi mata peristiwa sejarah.
Termasuk rekaman. Contoh sumber benda adalah kapak, gerabah, perhiasan, candi,
manik manik, patung dan sebagainya
4.
Fakta adalah
hasil dari data yang terpilih. Fakta terdiri dari fata yang berbentuk dan benda
dan fakta yang berdimensi sosial
5.
Fakta sejarah
terdiri dari :
a.
Artifak, yaitu
semua benda baik sebagian maupun keseluruhan hasil garapan tangan manusia
b.
Fakta sosial
(sosiofact), yaitu fakta sejarah yang berdimensi sosial. Artinya kondisi yang
mampu menggambarkan tentang keadaan sosial
c.
Fakta mental
(mentifact), yaitu fakta sejarah yang bersifat abstark menggambarkan suasana
batin seseorang
PEDOMAN PENILAIAN TES TULIS
Nomor Soal
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jml.Skor
|
%
Ketercapaian
|
Ketuntasan
|
Skor
|
7
|
15
|
10
|
8
|
10
|
|||
Bobot
|
14
|
30
|
20
|
16
|
20
|
2. NON TES :
PENUGASAN / DISKUSI
A. Diskusikan
bersama kelompok Anda masalah-masalah di bawah ini !
B. Catatlah hasil diskusi Anda kemudian presentasikan di
depan kelas !
C. Hasil diskusi yang dipresentasikan dibuat dalam format
Microsoft Power Point.
D. Masalah-maslah yang didiskusikan meliputi :
-
Jenis-jenis
sumber sejarah yang Anda ketahui !
-
Jenis-jenis
fakta sejarah
-
Sumber
sejarah yang berasal dari alam banyak mengalami kerusakan. Apakah hal tersebut
disebabkan oleh alam ataukah manusia. Buat analisis sepanjang 350 kata!
PEDOMAN PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK
NO
|
ASPEK PENILAIAN
|
SKOR
|
BOBOT
|
1
|
Keaktifan
dalam dalam kelompok
|
5
|
10
|
2
|
Ketrampilan
mempresentasikan
|
15
|
30
|
3
|
Kerjasama
sesama kelompok
|
10
|
10
|
4
|
Hasil
karya (PPT)
|
10
|
20
|
5
|
Etika
dalam mempresentasikan dan menjawab pertanyaan
|
10
|
30
|
SKOR/BOBOT AKHIR
|
50
|
100
|
FORMAT
PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK
No.
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Pengamatan
|
Ʃ Skor
|
bobot
|
NIlai.
|
||||
Keaktifan dalam kelompok
|
Ketrampilan
mempresentasikan
|
Kerjasama
sesama kelompok
|
Hasil
karya (PPT)
|
Etika mempresentasikan/menjawab pertanyaan
|
|||||
1.
|
|||||||||
2.
|
|||||||||
3.
|
|||||||||
Keterangan Nilai
A =
85 – 100 : Baik sekali
B =
75 – 84 : Baik
C =
60 – 74 : Cukup
D =
< 60 : Kurang
KRITERIA PENILAIAN SIKAP RELIGIUS
NO
|
PERNYATAAN
|
ASPEK PENILAIAN
|
SKOR
|
||||
SS
|
S
|
R
|
TS
|
STS
|
|||
1
|
Mengheningkan
cipta mengenang para pahlawan yang telah mendahului kita
|
||||||
2
|
Mendoakan para tokoh sejarah yang
telah gugur mendahului kita
|
||||||
3
|
Bersyukur karena Tuhan telah
menciptakan bumi dan seisinya dan dapat dijadikan sumber sejarah
|
||||||
4
|
Melakukan lawatan sejarah ke makam
tokoh sejarah seraya mendoakannya
|
||||||
SKOR MAKSIMAL
|
|||||||
KETERANGAN
-
Skor maksimal 20
-
Skor didapat
17-20 = A (sangat baik)
-
Skor didapat
13-16 = B (Baik)
-
Skor
didapat 9-12 = C (cukup)
-
Skor
didapat 5 - 8 = D (kurang)
-
Skor
didapat 0 - 4 = E (kurang)
H. Sumber Belajar
:
Alat/Bahan/Sumber Belajar
a. Alat : LCD
b. Sumber :
1)
Ratna Hapsari dan M.
Adil, 2013, Sejarah Indonesia Untuk SMA/MA Kelas
X, Jakarta; Erlangga.
2)
Habib Mustopo dkk,
2006, Sejarah SMA Kelas X, Jakarta ; Yudistira.
3)
I Wayan Badrika, 2004, Sejarah
Nasional Indonesia dan Umum SMA Untuk
Kelas X, Jakarta ;
Erlangga.
4)
Sodiq Mustofa dkk,
2004, Kompetensi Dasar Sejarah Untuk Kleas 1 SMA
dan MA, Solo; Tiga Serangkai.
Mengetahui, Gresik,
3 November 2015
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
SUSWANTO, M.M. PRIYANDONO, S.Pd.
NIP.196501011989031024 NIP.196910162005011008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar